kecilkan semua  

Teks -- Daniel 11:1-17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
11:1 seperti dahulu aku juga mendampinginya untuk menguatkan dan menyokongnya, yakni pada tahun pertama pemerintahan Darius, orang Media itu."
Raja negeri Utara dan raja negeri Selatan
11:2 "Oleh sebab itu, aku akan memberitahukan kepadamu hal yang benar. Sesungguhnya, tiga raja lagi akan muncul di negeri Persia, dan yang keempat akan mendapat kekayaan yang lebih besar dari mereka semua, dan apabila ia telah menjadi kuat karena kekayaannya, ia akan berusaha sekuat-kuatnya untuk melawan kerajaan Yunani. 11:3 Kemudian akan muncul seorang raja yang gagah perkasa, yang akan memerintah dengan kekuasaan yang besar dan akan berbuat sekehendaknya. 11:4 Tetapi baru saja ia muncul, maka kerajaannya akan pecah dan terbagi-bagi menurut keempat mata angin dari langit, jatuh bukan kepada keturunannya, dan tanpa kekuasaan seperti yang dipunyainya; sebab kerajaannya akan runtuh dan menjadi milik orang-orang yang lain dari pada orang-orang ini. 11:5 Maka raja negeri Selatan akan menjadi kuat; tetapi salah seorang dari panglima-panglimanya akan menjadi lebih kuat dari padanya dan orang ini memerintah, lalu kekuasaannya akan menjadi kekuasaan yang besar. 11:6 Beberapa tahun kemudian keduanya akan bersekutu: puteri raja negeri Selatan akan datang kepada raja negeri Utara untuk mengadakan persetujuan. Tetapi puteri itu tidak berhasil, juga keturunannya tidak dapat bertahan: puteri itu akan diserahkan, demikian pula orang-orang yang mengantarnya, anak yang dilahirkannya dan orang yang mengawininya. 11:7 Dan pada waktu itu akan tumbuh suatu tunas yang seakar dengan puteri itu menggantikan orang itu, dan orang ini akan bergerak maju melawan tentara raja negeri Utara dan memasuki kota bentengnya, dan ia akan bertindak terhadap mereka dan ia akan berkuasa. 11:8 Bahkan dewa-dewa mereka dan patung-patung tuangan mereka dan barang-barang mereka yang berharga dari perak dan emas akan diangkutnya sebagai jarahan ke Mesir, lalu beberapa tahun lamanya ia akan berhenti berperang melawan raja negeri Utara. 11:9 Kemudian raja ini akan memasuki kerajaan raja negeri Selatan, tetapi kemudian pulang ke negerinya sendiri. 11:10 Kemudian anak-anaknya akan bersiap untuk berperang, dan akan mengerahkan sejumlah tentara yang besar, lalu salah seorang dari mereka itu akan bergerak maju melawan dia, menggenangi dan meliputi semuanya seperti air bah; dan pada serbuan yang kedua kalinya ia akan sampai ke benteng musuhnya. 11:11 Maka menggeramlah raja negeri Selatan itu, lalu maju berperang melawan raja negeri Utara, yang telah mengerahkan sejumlah tentara besar, dan tentara besar itu akan jatuh ke tangan musuhnya. 11:12 Setelah tentara besar itu dihancurkannya, maka hatinya akan bermegah; walaupun ia telah menewaskan berlaksa-laksa orang, ia tidak akan mempunyai kekuatan. 11:13 Lalu untuk kedua kalinya raja negeri Utara itu akan mengerahkan sejumlah tentara besar, lebih besar dari yang pertama, dan beberapa tahun kemudian, ia akan bergerak maju melawan dia dengan tentara yang besar dan dengan banyak perlengkapan perang. 11:14 Pada waktu itu banyak orang akan bangkit melawan raja negeri Selatan; juga orang-orang yang lalim dari bangsamu akan membesarkan diri, sehingga penglihatan itu menjadi kenyataan, tetapi mereka akan tergelincir. 11:15 Maka raja negeri Utara itu akan datang, mendirikan kubu pengepungan dan merebut kota yang berbenteng; dan tentara negeri Selatan tidak akan dapat bertahan, juga pasukan-pasukan pilihannya sekalipun, ya, tidak ada kekuatan apapun yang dapat bertahan, 11:16 sehingga raja yang menyerangnya akan berbuat sekehendak hati, dan tidak ada seorangpun yang dapat bertahan menghadapinya; ia akan menduduki Tanah Permai dan seluruhnya akan ada dalam kekuasaannya. 11:17 Kemudian ia akan berusaha untuk menguasai seluruh kerajaan orang yang lain itu: ia akan mengadakan persetujuan dengan dia, dan seorang puterinya diberikannya kepadanya untuk menghancurkan kerajaan itu, tetapi maksudnya itu tidak akan berhasil dan tidak akan menguntungkannya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Darius king of Persia after Cyrus and Artaxerxes Smerdis; Darius I,son of Ahasuerus; Darius II the Mede,king of Persia after Darius II; Darius III the Persian
 · kerajaan Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · Media a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · Mesir descendants of Mizraim
 · negeri Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · orang Persia citizen(s) of Persia
 · Persia citizen(s) of Persia
 · raja Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · tentara Persia a country located primarily east of the Persian Gulf
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Daniel | Daniel /Beltazar | Raja, Kerajaan Makedonia | Ptolemei | Seleukid | Barukh | Yunani | Benteng | Raja, Kerajaan Media Dan Persia | Tanah Palestina | Aram (Siria) | Janji, Perjanjian Persetujuan | Kota | Mesir | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Dan 11:2 - AKU AKAN MEMBERITAHUKAN KEPADAMU HAL YANG BENAR. Nas : Dan 11:2 "Hal yang benar" adalah sebuah nubuat yang berisi garis besar peristiwa-peristiwa penting yang membawa kepada naiknya Antiokhus Epif...

Nas : Dan 11:2

"Hal yang benar" adalah sebuah nubuat yang berisi garis besar peristiwa-peristiwa penting yang membawa kepada naiknya Antiokhus Epifanes, penguasa Yunani yang mencemarkan Bait Suci (ayat Dan 11:2-35). Persia akan memiliki tiga raja lagi, Kambisus I (530-522 SM), Pseudo-Merdis atau Gaumata (522 SM), dan Darius I (522-486 SM). Kemudian, raja keempat Ahasyweros (486-465 SM) akan berperang melawan Yunani. Dengan disebutnya Yunani (kerajaan berikutnya), Persia tidak disebut lagi sekalipun masih bertahan beberapa waktu.

Full Life: Dan 11:3 - RAJA YANG GAGAH PERKASA. Nas : Dan 11:3 Yang dimaksud adalah Aleksander Agung (336-323 SM), yang wafat pada puncak kekuasaannya; kerajaannya tidak diwarisi oleh keturunanny...

Nas : Dan 11:3

Yang dimaksud adalah Aleksander Agung (336-323 SM), yang wafat pada puncak kekuasaannya; kerajaannya tidak diwarisi oleh keturunannya, melainkan dibagi di antara empat panglimanya (ayat Dan 11:4;

lihat cat. --> Dan 7:3).

[atau ref. Dan 7:3]

Full Life: Dan 11:5 - RAJA NEGERI SELATAN. Nas : Dan 11:5 Raja negeri Selatan yang pertama ini ialah Ptolemeus I Soter dari Mesir (323-285 SM); panglima yang disebut ialah Seleukus I Nikator...

Nas : Dan 11:5

Raja negeri Selatan yang pertama ini ialah Ptolemeus I Soter dari Mesir (323-285 SM); panglima yang disebut ialah Seleukus I Nikator (311-280 SM).

Full Life: Dan 11:6 - PUTERI RAJA NEGERI SELATAN. Nas : Dan 11:6 Setelah beberapa tahun, Berenike, putri Ptolemeus II Filadelfus dari Mesir (285-246 SM) menikah dengan Antiokhus II Teos (261-246 SM...

Nas : Dan 11:6

Setelah beberapa tahun, Berenike, putri Ptolemeus II Filadelfus dari Mesir (285-246 SM) menikah dengan Antiokhus II Teos (261-246 SM), raja dari utara yang telah menceraikan Laodike untuk menikahinya. Tahun 246 SM Ptolemeus II wafat; kurang lebih pada waktu yang sama Laodike membunuh Berenike, Antiokhus, dan putra mereka.

Full Life: Dan 11:7-9 - SUATU TUNAS YANG SEAKAR DENGAN PUTRI ITU. Nas : Dan 11:7-9 Yang dimaksud adalah adik laki-laki Berenike, Ptolemeus III Euergetes dari Mesir (246-221 SM), yang mengalahkan raja utara Seleuku...

Nas : Dan 11:7-9

Yang dimaksud adalah adik laki-laki Berenike, Ptolemeus III Euergetes dari Mesir (246-221 SM), yang mengalahkan raja utara Seleukus II Calinicus (246-226 SM). Ptolemeus III memasuki "benteng" (mungkin Antiokhia Siria) dan membawa ke Mesir patung-patung Siria bersama dengan patung-patung Mesir yang dirampas Raja Persia Kambisus ketika menaklukkan Mesir pada tahun 525 SM. Ptolemeus III kembali ke Mesir dengan membawa banyak barang rampasan, tetapi dia menahan diri dan tidak menyerang Seleukus lagi. Setelah beberapa waktu, Seleukus berusaha menyerbu Mesir untuk menutup kerugiannya, tetapi dia gagal dan terpaksa kembali ke negerinya.

Full Life: Dan 11:10-12 - ANAK-ANAKNYA AKAN BERSIAP UNTUK BERPERANG. Nas : Dan 11:10-12 Dua putra Seleukus II ialah Seleukus III Ceraunus (226-223 SM) dan Antiokhus III Agung (223-187 SM). Antiokhus III dikalahkan ol...

Nas : Dan 11:10-12

Dua putra Seleukus II ialah Seleukus III Ceraunus (226-223 SM) dan Antiokhus III Agung (223-187 SM). Antiokhus III dikalahkan oleh Ptolemeus IV Filopater (221-203 SM) dengan kehilangan sekitar 10.000 tentara di benteng Rafia, Palestina selatan.

Full Life: Dan 11:16 - TANAH PERMAI. Nas : Dan 11:16 Antiokhus III menyerang Mesir pada tahun 200 SM, tetapi dikalahkan oleh raja Selatan, Ptolemeus V Epifanes (203-181 SM); Antiokhus ...

Nas : Dan 11:16

Antiokhus III menyerang Mesir pada tahun 200 SM, tetapi dikalahkan oleh raja Selatan, Ptolemeus V Epifanes (203-181 SM); Antiokhus kemudian memperoleh kekuatan baru dan menaklukkan kota Sidon yang pertahanannya amat kuat (ayat Dan 11:15). Pada tahun 197 SM, Antiokhus berhasil menguasai "Tanah Permai," yaitu Palestina.

BIS: Dan 11:1 - Dialah yang Sebuah terjemahan kuno: Dialah yang. Ibrani: Aku yang.

Sebuah terjemahan kuno: Dialah yang. Ibrani: Aku yang.

BIS: Dan 11:6 - anaknya Beberapa terjemahan kuno: anaknya. Ibrani: ayahnya.

Beberapa terjemahan kuno: anaknya. Ibrani: ayahnya.

BIS: Dan 11:17 - putrinya putrinya atau: seorang gadis.

putrinya atau: seorang gadis.

Jerusalem: Dan 11:1 - yakni pada tahun... Mungkin bagian ayat ini perlu dihilangkan saja.

Mungkin bagian ayat ini perlu dihilangkan saja.

Jerusalem: Dan 11:2 - tiga raja lagi Tiga raja ini agaknya raja-raja Persia. Darius orang Media tidak termasuk

Tiga raja ini agaknya raja-raja Persia. Darius orang Media tidak termasuk

Jerusalem: Dan 11:2 - yang keempat Raja yang keempat ini bukanlah raja keturunan Koresy yang terakhir, yaitu Darius III Kodomanus (th 336-331 seb Mas)yang dikalahkan Aleksander Agung, t...

Raja yang keempat ini bukanlah raja keturunan Koresy yang terakhir, yaitu Darius III Kodomanus (th 336-331 seb Mas)yang dikalahkan Aleksander Agung, tetapi raja Ahasyweros (Xerxes) Agung (th 486-465 seb Mas) yang pada th 480 seb Mas menyerang negeri Yunani.

Jerusalem: Dan 11:4 - kerajaannya akan pecah Setelah Aleksander mangkat kerajaannya dibagi-bagi. Pengganti-penggantinya bukannya putera-putera raja, tetapi panglima-panglima, bdk Dan 2:40 dst Dan...

Setelah Aleksander mangkat kerajaannya dibagi-bagi. Pengganti-penggantinya bukannya putera-putera raja, tetapi panglima-panglima, bdk Dan 2:40 dst Dan 7:7; 8:8.

Jerusalem: Dan 11:5 - raja negeri Selatan Ialah raja Ptolomeus I Soter (th 306-285 seb Mas), raja pertama dari wangsa kerajaan yang berbangsa Yunani di negeri Mesir

Ialah raja Ptolomeus I Soter (th 306-285 seb Mas), raja pertama dari wangsa kerajaan yang berbangsa Yunani di negeri Mesir

Jerusalem: Dan 11:5 - seorang dari panglima-panglimanya Ialah raja Seleukus I Nikator (th 301-281 seb Mas). Mula-mula Seleukus bergabung dengan raja Ptolomeus I untuk mengalahkan Antigones (pertempuran di d...

Ialah raja Seleukus I Nikator (th 301-281 seb Mas). Mula-mula Seleukus bergabung dengan raja Ptolomeus I untuk mengalahkan Antigones (pertempuran di dekat Gaza pada th 312; peristiwa itu menjadi awal tarikh wangsa Seleukus), tetapi kemudian Seleukus I mendirikan kerajaannya sendiri (yang besar) di Asia.

Jerusalem: Dan 11:6 - puteri raja negeri Selatan Sekitar th 252 seb Mas raja Antiokhus II Teos (th 261-246 seb Mas) bersekutu dengan raja Ptolomeus II Filadelfos (th 285-247 seb Mas). Ia memperistri...

Sekitar th 252 seb Mas raja Antiokhus II Teos (th 261-246 seb Mas) bersekutu dengan raja Ptolomeus II Filadelfos (th 285-247 seb Mas). Ia memperistri puteri Ptolotomeus, yang Berenike. Isterinya yang pertama (yang juga adik seayah), yaitu Laodike, mengundurkan diri. Kemudian ia diambil kembali oleh suaminya, tetapi Laodike meracuni suaminya. Iapun meracuni Berenike serta anak-anaknya dari raja Antiokhus dan segenap pengiringnya. Putera Laodike, yaitu Seleukus II Kallinike (th 246-226 seb Mas) segera diserang oleh raja Ptolomeus III Euergetes (th 247-221 seb Mas). Banyak barang rampasan diangkut ke negeri Mesir, tetapi Ptolemeus III tidak sepenuh-penuhnya memanfaatkan kemenangannya yang gemilang memanfaatkan kemenangannya yang gemilang. Dan 11:9 menyinggung suatu serangan balasan dari pihak Seleukus II, tetapi tidak ada berita jelas tentang serangan semacam itu

Jerusalem: Dan 11:6 - puteri itu tidak berhasil Harafiah: kekuatan tangannya tidak akan bertahan

Harafiah: kekuatan tangannya tidak akan bertahan

Jerusalem: Dan 11:6 - keturunannya Begitu terbaca dalam terjemahan Yunani buatan Teodotion dan terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: lengannya

Begitu terbaca dalam terjemahan Yunani buatan Teodotion dan terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: lengannya

Jerusalem: Dan 11:6 - anak yang dilahirkannya Dalam naskah Ibrani bertulis: yang melahirkan dia. Terjemahan Indonesia ini menurut terjemahan Siria dan Latin.

Dalam naskah Ibrani bertulis: yang melahirkan dia. Terjemahan Indonesia ini menurut terjemahan Siria dan Latin.

Jerusalem: Dan 11:8 - ke Mesir Untuk pertama kalinya dipakai nama Mesir. Sampai di sini negeri itu selalu disebut: negeri Selatan. terjemahan Yunani LXX selalu mengganti "negeri Sel...

Untuk pertama kalinya dipakai nama Mesir. Sampai di sini negeri itu selalu disebut: negeri Selatan. terjemahan Yunani LXX selalu mengganti "negeri Selatan" dengan "negeri Mesir".

Jerusalem: Dan 11:10 - anak-anaknya Yaitu Seleukus III Keraunus (th 227-223 seb Mas) dan Antiokhus III Agung (th 223-187 seb Mas). Ayat-ayat berikut berkata tentang keberhasilan Antiokhu...

Yaitu Seleukus III Keraunus (th 227-223 seb Mas) dan Antiokhus III Agung (th 223-187 seb Mas). Ayat-ayat berikut berkata tentang keberhasilan Antiokhus Agung yang disebut "raja negeri Utara". Sejak th 220 seb Mas raja Antiokhus Agung mulai merebut negeri Palestina: Ptolomeus IV Filopator (th 221-203 seb Mas) segera mengerahkan tentaranya juga, baik pasukan sewaan maupun pasukan orang Mesir.Ia maju sampai ke perbatasan dan memukul mundur Antiokhus Agung yang menderita rugi besar (pertempuran di Rafia), Dan 11:11, tetapi kemenangan itu tidak dimanfaatkan, Dan 11:12. Delapan tahun lamanya Antiokhus Agung berperang guna merebut kembali kerajaannya di Asia.Ketika raja Ptolomeus V Epifanes naik takhta di Mesir (th 205-118 seb Mas) Antiokhus Agung kembali menyerang Mesir, Dan 11:13; kali ini ia didukung oleh suatu persekutuan dengan raja Makedonia, Filipus V, dan sangat tertolong oleh pemberontakan-pemberontakan yang sementara itu pecah di negeri Mesir sendiri. Dan 11:15 menyinggung pengepungan kota Gaza yang makan banyak waktu. Serangan balasan yang dilontarkan Ptolomeus V di negeri Yehuda tidak mencegah Antiokhus dari memasuki kota Yerusalem, Dan 11:15-16.

Jerusalem: Dan 11:16 - Tanah Permai Bdk Dan 8:9+.

Bdk Dan 8:9+.

Jerusalem: Dan 11:17 - mengadakan persetujuan dengan dia Naskah Ibrani rusak dan terjemahannya dikira-kirakan saja. Antiokhus Agung kuatir kalau-kalau orang Roma akan turun tangan. Maka ia mengambil keputusa...

Naskah Ibrani rusak dan terjemahannya dikira-kirakan saja. Antiokhus Agung kuatir kalau-kalau orang Roma akan turun tangan. Maka ia mengambil keputusan berdamai dengan Ptolomeus. Puterinya, Kleopatra, dikawinkannya kepada Ptolomeus. Pernikahan itu dirayakan di Rafia pada th 194 seb Mas. Akhir Dan 11:17 yang kurang jelas agaknya menyinggung kenyataan bahwa tidak lama kemudian perang pecah lagi oleh karena Ptolomeus dengan alasan kuat mencurigai Antiokhus Agung.

Ende: Dan 11:1 - -- Ajat ini sukar untuk diartikan. Dikatakan, bahwa Djibrail menolong Mikael (pelindung Israil) dalam tahun perebutan Babel untuk melindungi Israil terha...

Ajat ini sukar untuk diartikan. Dikatakan, bahwa Djibrail menolong Mikael (pelindung Israil) dalam tahun perebutan Babel untuk melindungi Israil terhadap malaekat Media atau Babel. Banjak ahli menganggap sebagian dari ajat ini sebagai tambahan sadja dan mentjoret "Adapun aku dalam tahun pertama Darios, orang Media itu" dan memperbaiki "mendampingi dia" mendjadi "mendampingi aku"

Ende: Dan 11:2 - -- Siapakah ketiga radja Parsi itu kurang terang; sesungguhnja ada sepuluh radja Parsi. Boleh diterima: Kambuses (529-522), Pseudo-Smerdis (529-521), Dar...

Siapakah ketiga radja Parsi itu kurang terang; sesungguhnja ada sepuluh radja Parsi.

Boleh diterima: Kambuses (529-522), Pseudo-Smerdis (529-521), Darios I (522-485). Jang keempat ialah Xerxes (485-4650, jang mengadakan perlawatan lawan Junani.

Ende: Dan 11:3 - -- Radja jang gagah-perkasa ialah Iskandar (336-323).

Radja jang gagah-perkasa ialah Iskandar (336-323).

Ende: Dan 11:4 - -- Keempat keradjaan itu ialah keradjaan2 jang mengganti keradjaan Iskandar.

Keempat keradjaan itu ialah keradjaan2 jang mengganti keradjaan Iskandar.

Ende: Dan 11:4 - mereka tadi jaitu keturunan Iskandar.

jaitu keturunan Iskandar.

Ende: Dan 11:5 - -- Radja dari negeri selatan, ialah Ptolomaeos I Lagi, radja Mesir (323-285). Panglimanja ialah Seleukos, jang kemudian mendirikan keradjaannja sendiri d...

Radja dari negeri selatan, ialah Ptolomaeos I Lagi, radja Mesir (323-285). Panglimanja ialah Seleukos, jang kemudian mendirikan keradjaannja sendiri di Syriah dan disebut Seleukos I Nikator (312-281)

Ende: Dan 11:6 - -- Putera Ptolomaios II, radja Mesir (285-247), kawin dengan Antiochos I Soter, radja Syriah (280-260). Antiochos lalu diratjuni oleh bekas isterinja, ja...

Putera Ptolomaios II, radja Mesir (285-247), kawin dengan Antiochos I Soter, radja Syriah (280-260). Antiochos lalu diratjuni oleh bekas isterinja, jang ditalaki untuk kawin dengan puteri Ptolomaios, sehingga putera isteri pertama itu mendjadi radja (Seleukos II, 246-226) dan bukan putera2 puteri Mesir, jang djuga dibunuh bersama dengan anak2nja.

Ende: Dan 11:7 - -- Tunas itu ialah Ptolomaios II Euergetes (246-221), saudara isteri kedua Antiochos I. Ia merebut Seleukis, pelabuhan Antiochia, dan Antiochia sendiri. ...

Tunas itu ialah Ptolomaios II Euergetes (246-221), saudara isteri kedua Antiochos I. Ia merebut Seleukis, pelabuhan Antiochia, dan Antiochia sendiri. Lalu ia pulang ke Mesir.

Ende: Dan 11:9 - -- Seleukos II Kalinokos, radja Syriah (246-226) berusaha memerangi Mesir dan merebut beberapa wilajahnja, tetapi terpaksa ia kembali.

Seleukos II Kalinokos, radja Syriah (246-226) berusaha memerangi Mesir dan merebut beberapa wilajahnja, tetapi terpaksa ia kembali.

Ende: Dan 11:10 - -- Anak sulung Seleukos II gugur di Frugia, lalu anak bungsu Seleukos jakni Antiochos III Agung (223-187) mengerahkan tentera besar, merebut Syriah serta...

Anak sulung Seleukos II gugur di Frugia, lalu anak bungsu Seleukos jakni Antiochos III Agung (223-187) mengerahkan tentera besar, merebut Syriah serta Palestina dan sampai ke Mesir. Disana ia dikalahkan Ptolomaios III (aj.11)(Dan 11:11).

Ende: Dan 11:12 - -- Ptolomaios III Euergetes (246-221)tidak menggunakan kemenangannja.

Ptolomaios III Euergetes (246-221)tidak menggunakan kemenangannja.

Ende: Dan 11:13 - -- Antiochos Agung berperang dengan Ptolomaios V Epifanes (205-180), radja Mesir. Perang itu berlangsung 204-197.

Antiochos Agung berperang dengan Ptolomaios V Epifanes (205-180), radja Mesir. Perang itu berlangsung 204-197.

Ende: Dan 11:14 - -- Banjak bangsa merontak lawan Ptolomaios V, a.l. Filipos dari Makedonia. Orang2 Jahudi (penjamun bangsamu) berpihak pada Antiochos Agung dan mendurhaka...

Banjak bangsa merontak lawan Ptolomaios V, a.l. Filipos dari Makedonia. Orang2 Jahudi (penjamun bangsamu) berpihak pada Antiochos Agung dan mendurhaka pula dan dengan demikian menimpakan suatu bentjana (penglihatan jang diterima Daniel) atas bangsanja, chususnja pengedjaran dari pihak Antiochos IV Epifanes.

Ende: Dan 11:15 - -- Pada tahun 201 Antiochos menjerbu Seleusyriah, lalu pergi ke Asia Depan. Seorang panglima Mesir lalu memasuki Palestina. Antiochos lekas kembali ke Pa...

Pada tahun 201 Antiochos menjerbu Seleusyriah, lalu pergi ke Asia Depan. Seorang panglima Mesir lalu memasuki Palestina. Antiochos lekas kembali ke Palestina, mengalahkan panglima Mesir itu di Paneion jang lalu bersarang di Sidon. Terpaksa ia menjerah.

Ende: Dan 11:16 - -- Sesudah kemenangannja Antiochos menduduki Jerusjalem.

Sesudah kemenangannja Antiochos menduduki Jerusjalem.

Ende: Dan 11:17 - -- Karena takut akan orang2 Romawi Antiochos Agung tidak berani menjerbu Mesir. Ia mengawinkan puterinja dengan Ptolomaios V untuk dengan djalan ini meng...

Karena takut akan orang2 Romawi Antiochos Agung tidak berani menjerbu Mesir. Ia mengawinkan puterinja dengan Ptolomaios V untuk dengan djalan ini menguasai Mesir. Tetapi rentjananja gagal.

Endetn: Dan 11:5 - -- Tanda batja dipindahkan

Tanda batja dipindahkan

Endetn: Dan 11:5 - daripada wilajahnja sedikit diperbaiki. Tertulis: wilajahnja adalah "luas".

sedikit diperbaiki. Tertulis: wilajahnja adalah "luas".

Endetn: Dan 11:6 - benihnjapun diperbaiki menurut terdjemahan Latin (Vlg.). Tertulis: "lengannja".

diperbaiki menurut terdjemahan Latin (Vlg.). Tertulis: "lengannja".

Endetn: Dan 11:6 - anak2nja diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "ia memperanakkan dia".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "ia memperanakkan dia".

Endetn: Dan 11:6 - -- Tanda batja dipindahkan.

Tanda batja dipindahkan.

Endetn: Dan 11:7 - dari diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: dari tunas akar2nja "akan gantinja", diperbaiki menurut terdjemahan Junani. "baluarti", diperbaiki sedikit.

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: dari tunas akar2nja "akan gantinja", diperbaiki menurut terdjemahan Junani. "baluarti", diperbaiki sedikit.

Endetn: Dan 11:11 - -- Satu kata (dengannja) ditinggalkan menurut terdjemahan2 kuno.

Satu kata (dengannja) ditinggalkan menurut terdjemahan2 kuno.

Endetn: Dan 11:13 - -- Ditinggalkan "beberapa tahun".

Ditinggalkan "beberapa tahun".

Endetn: Dan 11:17 - -- Satu huruf (dan) ditinggalkan.

Satu huruf (dan) ditinggalkan.

Endetn: Dan 11:17 - persetudjuan2 diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "orang2 lurus (sertanja dan)".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "orang2 lurus (sertanja dan)".

Ref. Silang FULL: Dan 11:1 - pemerintahan Darius · pemerintahan Darius: Dan 5:31; Dan 5:31

· pemerintahan Darius: Dan 5:31; [Lihat FULL. Dan 5:31]

Ref. Silang FULL: Dan 11:2 - yang benar // kerajaan Yunani · yang benar: Dan 10:21 · kerajaan Yunani: Dan 10:20; Dan 10:20

· yang benar: Dan 10:21

· kerajaan Yunani: Dan 10:20; [Lihat FULL. Dan 10:20]

Ref. Silang FULL: Dan 11:3 - berbuat sekehendaknya · berbuat sekehendaknya: Dan 8:4,21; Dan 8:4; Dan 8:21

· berbuat sekehendaknya: Dan 8:4,21; [Lihat FULL. Dan 8:4]; [Lihat FULL. Dan 8:21]

Ref. Silang FULL: Dan 11:4 - dari langit // akan runtuh · dari langit: Dan 7:2; Dan 7:2; Dan 8:22 · akan runtuh: Yer 42:10; Yer 42:10

· dari langit: Dan 7:2; [Lihat FULL. Dan 7:2]; Dan 8:22

· akan runtuh: Yer 42:10; [Lihat FULL. Yer 42:10]

Ref. Silang FULL: Dan 11:7 - negeri Utara · negeri Utara: Dan 11:6

· negeri Utara: Dan 11:6

Ref. Silang FULL: Dan 11:8 - Bahkan dewa-dewa // ke Mesir · Bahkan dewa-dewa: Yes 37:19; Yes 46:1-2; Yes 46:1; Yes 46:2 · ke Mesir: Yer 43:12

· Bahkan dewa-dewa: Yes 37:19; Yes 46:1-2; [Lihat FULL. Yes 46:1]; [Lihat FULL. Yes 46:2]

· ke Mesir: Yer 43:12

Ref. Silang FULL: Dan 11:10 - air bah · air bah: Yes 8:8; Yer 46:8; Dan 9:26; Dan 9:26

· air bah: Yes 8:8; Yer 46:8; Dan 9:26; [Lihat FULL. Dan 9:26]

Ref. Silang FULL: Dan 11:11 - akan jatuh · akan jatuh: Dan 8:7-8

· akan jatuh: Dan 8:7-8

Ref. Silang FULL: Dan 11:15 - kubu pengepungan · kubu pengepungan: Yeh 4:2; Yeh 4:2

· kubu pengepungan: Yeh 4:2; [Lihat FULL. Yeh 4:2]

Ref. Silang FULL: Dan 11:16 - sekehendak hati // bertahan menghadapinya // dalam kekuasaannya · sekehendak hati: Dan 8:4; Dan 8:4 · bertahan menghadapinya: Yos 1:5; Yos 1:5; Dan 8:7; Dan 8:7 · dalam kekuasaannya: Dan 8:9; D...

· sekehendak hati: Dan 8:4; [Lihat FULL. Dan 8:4]

· bertahan menghadapinya: Yos 1:5; [Lihat FULL. Yos 1:5]; Dan 8:7; [Lihat FULL. Dan 8:7]

· dalam kekuasaannya: Dan 8:9; [Lihat FULL. Dan 8:9]

Ref. Silang FULL: Dan 11:17 - akan berhasil · akan berhasil: Mazm 20:5; Mazm 20:5

· akan berhasil: Mazm 20:5; [Lihat FULL. Mazm 20:5]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Dan 10:15--11:1 - Dikuatkan oleh Kasih (Sabtu, 16 Desember 2017) Dikuatkan oleh Kasih Pengalaman dikasihi merupakan pengalaman yang berharga dan indah. Saat seseorang merasa dirinya dikasihi, dalam dirinya akan tim...

SH: Dan 10:15--11:1 - Tetaplah Kuat! (Selasa, 21 November 2023) Tetaplah Kuat! Setiap penglihatan yang diterima Daniel pasti memberikan kesan dan makna tersendiri. Begitu pula penglihatan Daniel kali ini. Apa yan...

SH: Dan 10:1--11:1 - Hamba yang rindu menggumuli zaman (Rabu, 30 Juni 1999) Hamba yang rindu menggumuli zaman 21 hari lamanya Daniel merendahkan diri di hadapan Allah -- berpuasa -- untuk mendapatkan pengertian. Daniel r...

SH: Dan 10:1--11:1 - Bukan cari penglihatan (Selasa, 11 November 2008) Bukan cari penglihatan Kita tentu senang mendengarkan pengalaman-pengalaman orang dalam mengikut Tuhan. Dan kita akan terpana apabila ada p...

SH: Dan 11:2-9 - Allah penguasa sejarah (Kamis, 1 Juli 1999) Allah penguasa sejarah Penglihatan Daniel menegaskan bahwa Allah mampu memperlihatkan sejarah yang belum menjadi sejarah, karena Allah adalah pe...

SH: Dan 11:2-19 - Allah tahu (Rabu, 12 November 2008) Allah tahu Karena pergumulan akan pemulihan bangsanya, Daniel diberi tahu mengenai apa yang akan terjadi pada masa mendatang. Yaitu mengena...

SH: Dan 11:2-19 - Catatan Sejarah (Senin, 18 Desember 2017) Catatan Sejarah Sebuah catatan merupakan tulisan yang berisi rekaman suatu peristiwa dan berfungsi sebagai pengingat. Dalam catatan tersebut, semua b...

SH: Dan 11:2-19 - Sejarah Kehidupan (Rabu, 22 November 2023) Sejarah Kehidupan Sejak kecil barangkali kita sering mendengar cerita tentang sejarah kehidupan keluarga kita. Cerita masa lalu disampaikan dari gene...

SH: Dan 11:10-19 - Penyebab peperangan (Jumat, 2 Juli 1999) Penyebab peperangan Penglihatan Daniel ini sungguh sangat menyedihkan dan memprihatinkan. Diungkapkan bahwa peperangan demi peperangan akan ...

Utley: Dan 10:18--11:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 10:18-11:118 Lalu dia yang rupanya seperti manusia itu menyentuh aku pula dan memberikan aku kekuatan, 19 da. berkata: "Hai...

Utley: Dan 11:2-4 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 11:2-42 "Oleh sebab itu, aku akan memberitahukan kepadamu hal yang benar. Sesungguhnya, tiga raja lag. akan muncul di neger...

Utley: Dan 11:5-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 11:5-95 Maka raja negeri Selatan akan menjadi kuat; tetapi salah seorang dari panglima-panglimanya aka. menjadi lebih kuat ...

Utley: Dan 11:10-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 11:10-1310 Kemudian anak-anaknya akan bersiap untuk berperang, dan akan mengerahkan sejumlah tentara yang besar, lalu salah...

Utley: Dan 11:14-19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 11:14-1914 Pada waktu itu banyak orang akan bangkit melawan raja negeri Selatan; juga orang-orang yang lalim dari bangsamu ...

Topik Teologia: Dan 11:1 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

TFTWMS: Dan 11:2-45 - Penglihatan Tentang Raja-raja Dan Konflik PENGLIHATAN TENTANG RAJA-RAJA DAN KONFLIK (Daniel 11:2-45) Malaikat itu memberitahu Daniel, "… Sesungguhnya, tiga raja lagi akan muncul di neg...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Daniel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daniel Tema : Kedaulatan Allah Dalam Sejarah Tanggal Penulisan: Sekitar 536-530 SM Latar Belakang Daniel, yang naman...

Full Life: Daniel (Garis Besar) Garis Besar I. Latar Belakang Sejarah Daniel (Dan 1:1-21) A. Daniel dan Teman-Teman Diangkut ke Babel ...

Jerusalem: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL Kalau ditinjau dari segi isinya, maka kitab Daniel dapat dibagi dua. Bagian pertama Daniel, yaitu Dan 1-6, berisikan kisah-kisah sbb: Daniel da...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENDAHULUAN Kitab Daniel memperkenalkan kita dengan tokoh jang bernama demikian. Kitab itu sedikitpun tidak menjatakan telah ditulis oleh Danie...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Tinjaulah kembali artikel "Siapakah 'Darius' Di Dalam 6:1?" di halaman 106 dalam edisi "Daniel" oleh...

TFTWMS: Daniel (Pendahuluan Kitab) Daniel 10:1-11:1 BANTUAN MALAIKAT Pasal 10 sampai 12 adalah sebuah unit, dengan semuanya itu berkaitan dengan satu penglihatan. Penglihatan yang dima...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat halaman 213 untuk penjelasan singkat tentang penglihatan itu. 2 Charles Wesley, "Soldiers of Christ, Arise," Son...

TFTWMS: Daniel (Pendahuluan Kitab) Daniel 11:2-12:4 MEMAHAMI PENGLIHATAN DANIEL Menyusul penglihatannya tentang sesosok malaikat di tepi Sungai Tigris, Daniel berbicara dengan seorang ...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat "Nubuatan Dijelaskan" (Daniel 11:2-45)" di halaman 252 dan bagan "Raja-Raja Yang Bertikai: Utara & S...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ketika dua penafsiran yang memungkinkan dicantumkan, tanda superscript menunjukkan orang yang membuat anjuran, DR (David Rechtin)...

BIS: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENGANTAR Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis memb

DANIEL

PENGANTAR

Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis membesarkan hati bangsanya dengan berbagai cerita dan laporan tentang penglihatan- penglihatan. Ia memberikan mereka harapan bahwa Allah akan menjatuhkan si penjajah dan memulihkan kerajaan bagi umat Allah.

Buku ini berisi dua bagian yang terpenting:

  1. 1. Kisah tentang Daniel dan beberapa temannya sepembuangan; mereka mengalahkan musuh-musuh mereka hanya karena mereka percaya dan taat kepada Allah. Kisah- kisah itu terjadi di zaman kerajaan Babel dan Persia.
  2. 2. Sejumlah penglihatan yang dilihat oleh Daniel. Dalam bentuk perlambang, penglihatan-penglihatan itu menggambarkan berkembangnya dan jatuhnya berbagai negara berturut-turut mulai dengan Babel. Selain itu, diramalkan juga jatuhnya si penjajah yang tidak mengenal Allah itu, serta kemenangan umat Allah.

Isi

  1.  Daniel dan teman-temannya
    Dan 1:1-6:28
  2.  Penglihatan-penglihatan yang dilihat Daniel
    Dan 7:1-11:45
    1. a. Empat binatang
      Dan 7:1-28
    2. b. Domba jantan dan kambing jantan
      Dan 8:1-9:27
  3.  Akhir zaman
    Dan 12:1-13

Ajaran: Daniel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada z

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada zaman dahulu. Dan juga tentang keadaan daripada zaman akhir. Selain itu, agar anggota jemaat juga dapat meneladani kehidupan Daniel dengan teman-temannya yang setia beribadah kepada Allah, walaupun berada di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Daniel.

Isi Kitab: Kitab Daniel terbagi atas 12 pasal, yang isinya berhubungan sejarah kekuasaan bangsa-bangsa di dunia, dan juga tentang keadaan pada masa yang akan datang, ketika Tuhan Yesus datang kembali ke dunia untuk yang kedua kali.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang isi Kitab Daniel, lihatlah uraian berikut:

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Daniel

  1. Pasal 1-66 (Dan 1:1-6:28).

    Pemberitaan tentang peristiwa-peristiwa kehidupan Nabi Daniel

    1. Sejarah Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego sebelum k Babel sampai mereka menjadi pejabat pemerintah Babe (Pasal 1; Dan 1:1-21).
    2. Cerita tentang mimpi raja Nebukadnezar dan arti yan dijelaskan oleh Daniel (Pasal 2; Dan 2:1-49).
    3. Cerita tentang ketaatan Sadrakh, Mesakh, dan Abedneg dalam menyembah Allah walaupun dimasukkan ke dala perapian yang menyala-nyala (Pasal 3; Dan 3:1-30).
    4. Pemberitahuan arti dari mimpi raja Nebukadnezar, da penggenapannya (Pasal 4; Dan 4:1-37).
    5. Cerita tentang tulisan di dinding dan arti sert penggenapannya (Pasal 5; Dan 5:1-31).
    6. Cerita ketaatan Daniel dalam beribadah kepada Alla walaupun dimasukkan ke dalam gua singa (Pasal 6; Dan 6:1-28).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Dan 1:8-15, 18-20. Apakah keputusan Daniel dan akibatnya?
    2. Bacalah pasal Dan 2:26-30, 47-49. Mengapa Daniel dapat menjelaskan mimpi raja? Dan apakah akibatnya?
    3. Bacalah pasal Dan 3:12-30. Mengapakah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dihukum raja? Bagaimanakah sikap ketiga orang umat Allah itu? Dan apakah akibatnya?
    4. Bacalah pasal Dan 4:19-37. Apakah arti mimpi raja dan apakah akibatnya bagi raja?
    5. Bacalah pasal Dan 5:3-6, 17-30. Mengapakah ada tulisan di dinding? Dan apakah artinya serta akibatnya bagi raja?
    6. Bacalah pasal Dan 6:8-11,14-25. Apakah sebabnya Daniel dibuang ke gua singa? Dan apa saja yang terjadi? Apakah akibatnya atas orang-orang yan memfitnah/memusuhi umat Allah?
  2. Pasal 7-12 (Dan 7:1-12:13).

    Penglihatan Nabi Daniel tentang keadaan bangsa-bangsa di akhir zaman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Dan 12:1-13. Apakah janji bagi orang-orang yang percaya? (pasal Dan 12:13).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Ketaatan Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego di dalam menyembah Allah walaupun berada dalam ancaman, merupakan pengajaran terhadap setiap orang Kristen untuk mempunyai kesetiaan dalam imannya ketika berada dalam bahaya.

  2. Pertolongan Allah terhadap Daniel dan teman-temannya, membuktikan bahwa Allah tidak pernah membiarkan anak-anak-Nya mengalami penderitaan seorang diri.

  3. Pada akhir zaman akan ada kesusahan-kesusahan besar, tetapi umat Allah akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah yang kekal.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Daniel?
  2. Mengapakah Sadrakh dan teman-temannya dimasukkan ke dala perapian yang bernyala-nyala? Siapakah yang menolong?
  3. Mengapakah Daniel dimasukkan ke dalam gua singa? Dan siapakah penolongnya?
  4. Dari manakah pengetahuan Daniel untuk mengartikan mimp Raja Nebukadnezar?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Daniel?

Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) Orang yang diberi karunia penglihatan SIAPAKAH DANIELDaniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Ye

Orang yang diberi karunia penglihatan

SIAPAKAH DANIEL
Daniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Yerusalem jatuh. Bersama-sama dengan orang Yahudi dari golongan atas lainnya, Daniel diangkut ke Babel, dididik, dan dipekerjakan pada pemerintah. Dia bekerja di bawah Nebukadnezar, Belsyazar dan Darius dari tahun 605 SM sampai 536. Namanya berarti "Allah adalah hakimku", tetapi di Babel ia diberi nama baru. Seperti nama aslinya yang mengandung nama Allah Israel, yaitu El, maka nama barunya pun mengandung nama dewa Babel, Bel. Beltsazar mungkin berarti "Semoga dewa Bel melindungi raja". Perhatikan tiga hal mengenai Daniel, yaitu dia adalah seorang yang sangat bijaksana, sangat mudah bergaul dan rajin berdoa.

JAWABAN ATAS PERTANYAAN YANG MENGIBAKAN
Mazmur 137, sama seperti halnya nubuatan ini, ditulis di Babel: "Di tepi sungai-sungai Babel
di sanalah kita duduk sambil menangis,
apabila kita mengingat Sion."
Hidup dalam pengasingan sangat menghancurkan moral bangsa Yahudi. Mereka merasa bahwa Allah telah meninggalkan mereka. Oleh karena itu, mereka menggantungkan harpa mereka dan menolak untuk bernyanyi: "Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri asing?"
Itulah pertanyaan mereka yang mengibakan. Daniel menjawab pertanyaan mereka. Ia menunjukkan bahwa Allah tetap Allah, walaupun mereka berada di Babel.

DANIEL DAN ANTIOKUS EFIFANUS
Bagian kedua kitab Daniel berisi gambaran yang mengandung nubuatan yang dapat kita lihat sudah digenapi secara detail dalam pemerintahan Antiokus Efifanus, yang memerintah sebagian besar Asia Kecil, Siria dan Palestina dari tahun 175 sampai 164 SM. Banyak penulis tentang Daniel menolak adanya nubuatan di kitab kedua ini dan berpendapat bahwa kitab ini, sebenarnya, ditulis sekitar tahun 165 SM, bukan oleh Daniel tetapi oleh seorang penulis tak dikenal. Keberatan mereka yang utama rupanya menyangkut konsep nubuatan sebagai ramalan mengenai apa yang akan terjadi di masa depan, khususnya nubuatan yang sangat rinci. Tetapi nubuatan-nubuatan ini mendapat perhatian sungguh-sungguh dari Tuhan Yesus (Matius 24:15) dan harus diakui bahwa paling tidak dua, mungkin tiga nubuatan digenapi: di zaman dan pada Akhir Zaman. Keempat binatang buas yang dilukiskan dalam Daniel 7 boleh jadi ditafsirkan dalam tiga cara, yaitu sebagai kerajaan-kerajaan besar dunia, masa lalui, sekarang dan masa yang akan datang.

Pesan

1. Minat fatalistis manusia terhadap agama Dan 3:1-30
o Obyek penyembahan manusia disediakan. Perhatikan konstruksinya -- lunak tetapi terbuat dari emas yang mewah dan ukurannya -- kaku tetapi kelihatannya hebat. Dan 3:1-3
o Perintah dikeluarkan. Suatu liturgi baru! "Katakan pada kami apa yang harus kami lakukan dan kami akan melakukannya!" Pendapat Nebukadnezar itu benar bahwa gabungan rasa kagum dan takut dapat meningkatkan penyembahan. Dan 3:4-6
o Ketaatan ditawarkan. Manusia seperti domba dan mereka akan mengikuti seorang "gembala". Ini merupakan peringatan bagi para pemimpin. Dan 3:7
o Tuduhan dilancarkan. Bersyukurlah kepada Allah bagi para "non-konformis", orang yang dapat membedakan yang benar dari yang jahat, walaupun yang salah itu bersumber pada raja. Dan 3:8-12
o Suatu pilihan ditawarkan. Bertobat atau mati! Sering kali pilihan yang ditawarkan begitu gamblang, tetapi kita sering menolak Kristus jika pilihan itu bukan kematian, melainkan semata-mata hanya menjadi bahan tertawaan atau dianggap aneh. Dan 3:13-15
o Jawaban diberikan. Dan jawaban itu luar biasa! Kami tidak mau! Kemenangan! Dan 3:16-18
o Hukuman dilaksanakan. Iman ketiga orang ini dicobai habis-habisan; kelihatannya tidak akan ada pembebasan. Dan 3:19-23
o Ada pelepasan. Ada orang keempat, suatu tubuh ilahi, yang berjalan bersama mereka bertiga di dalam api (suatu ilustrasi luar biasa dari Yesaya 43:2). Dan 3:24-27
o Suatu titah baru. Nebukadnezar sungguh bersedia untuk menambahkan Allah Israel ke dalam koleksi dewa-dewanya, bahkan mengakui kuasanya yang luar biasa untuk menyelamatkan. Tetapi Dia "Allah Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Dan 3:28-29
o Kedudukan baru. Dari penjara kepada kekuasaan, dari penghinaan kepada kehormatan. Yusuf juga mempunyai pengalaman yang serupa (Kejadian 41). Dan 3:30

2. Pengetahuan Allah yang sempurna mengenai hari depan Dan 9:20-27
o Pengantar Wahyu. Kembali kita mendapatkan Daniel yang sedang berdoa; tidak meminta sesuatu, tetapi mengakui segala kesalahannya; meluruskan hubungannya dengan Allah. Dan 9:20-23
o Suatu ringkasan yang tepat. Tujuh kali tujuh puluh, tidak semata-mata 490 tahun, tetapi angka yang mewakili seluruh periode dalam rencana Allah. Dan 9:24
o Petunjuk untuk penafsiran. Rencana inti terbagi dalam tiga bagian: 49 tahun, 434 tahun dan masa akhir selama 7 tahun. Ayat Dan 9:27 boleh jadi menunjuk baik kepada Antiokus (yang meninggalkan altar dengan memberlakukan tata ibadah kafir), maupun masa pemerintahan Titus, yaitu ketika pada tanggal 17 juli tahun 70, semua korban sembelihan di bait Allah dihentikan, dan sampai akhir dari Kitab Wahyu. Kitab Daniel harus ditafsirkan di bawah terang Wahyu. Dan 9:25-27

Penerapan

1. Orang Kristen sebagai orang buangan
Seperti dikatakan oleh Paulus, "kewargaan kita adalah di dalam sorga" (Fil 3:20), dan Petruss menasihati kita, "hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini" (1Pe 1:17).
Demikianlah yang terjadi dengan Daniel: seorang buangan, seorang pendatang, seorang asing. Bagian pertama dari kitab ini merupakan suatu tuntunan yang luar biasa mengenai bagaimana umat Allah harus bersikap dalam dunia yang jahat ini.
Pasal-pasal permulaan dari kitab ini mengajarkan kepada kita:
o Jangan terpengaruh oleh puji-pujian duniawi, atau oleh hadiah-hadiah (Dan 5:17).
o Jangan takut terhadap ancaman dunia; katakan apa yang harus dikatakan (Dan 3:16-18).
o Jangan terpengaruh dengan agama-agama dunia; bersamalah dengan Allah dan serahkanlah segala konsekuensinya kepada Dia (Dan 6:1-10).

2. Umat Allah sebagai kawan sekerja Allah
Dalam keseluruhan kitab Daniel kita merasakan adanya kehadiran Allah bersama umat-Nya, berbagi rencana dengan mereka dan berbagi pengalaman. Itu pula yang menjadi pelajaran yang harus diajarkan oleh Musa kepada orang buangan di Mesir. Mereka telah menderita dan telah pula berdoa, tetapi Allah tidak menyelamatkan mereka. Allah berkata kepada Musa: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan olah pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka..." (Keluaran 3:7,8). Daniel mengingatkan kita bahwa meskipun Allah mungkin kadang-kadang membiarkan kita menderita, Dia selalu dekat dengan kita dan selalu dapat membebaskan kita. Dan sebagai kawan sekerja-Nya, Dia kadang-kadang mengizinkan kita untuk sejenak melihat kemuliaan yang akan datang.

Tema-tema Kunci

Akhir zaman
o Kitab Daniel merupakan kitab nubuatan, tetapi dalam bentuk yang lain daripada yang lain, berisi gambar-gambar dan lambang. Kitab itu terutama berkenaan dengan akhir zaman. Dalam hal ini serupa dengan Wahyu, tetapi harus juga dibandingkan dengan Markus 13, Matius 24 dan Lukas 21.
o Dari kata-kata Tuhan Yesus sendiri (Markus 13:32-4) timbul suatu prinsip yang penting, yaitu kita tidak diperkenankan untuk mengetahui dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba. Informasi yang kita dapat dari kitab Daniel tidaklah cukup bagi kita untuk menentukan dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba.
o Namun demikian, kita bukan tidak diberi petunjuk. Ada orang yang menertawakan nubuatan dan menolak pendapat mengenai Wahyu, akhir zaman yang penuh bencana. Segala sesuatu berjalan seperti sedia kala (2Pe 3:1-13). Ada pula yang ingin tahu lebih banyak daripada yang diperbolehkan, dan mencoba untuk menentukan waktu yang tepat kapan akhir zaman itu akan terjadi.
o Banyak usaha penjelasan arti misteri "tujuh" telah diusulkan. Periode pertama dari tujuh kali tujuh masa bisa jadi menunjuk kepada periode pembuangan dari 587 SM ketika Yerusalem jatuh, sampai 538/7 SM ketika Xerxes memerintahkan pembangunan kembali Yerusalem. Ada kesepakatan meluas bahwa Yang Diurapi (arti dari istilah bahasa Ibrani: Mesias) pasti menunjuk kepada Kristus. Namun diusulkan pula bahwa antara 69 minggu dan minggu terakhir yaitu antara kedatangan Kristus pertama dan kedua, terjadi masa "diam" yang lama yang di dalamnya kabar baik diberitakan.
o Kejadian-kejadian yang terjadi dalam Dan 9:27 dan acuan kepada "pertengahan masa" sering dibandingkan dengan Wahyu 11:1-13, dan sudah jelas bahwa perkataan-perkataan Daniel tidak dapat ditafsirkan tanpa mengacu kepada ayat-ayat ini dan ayat-ayat lainnya dalam Wahyu. Pelajari dan bandingkan: Daniel 9:20-27; Matius 24:1-44; 2Pe 3; dan Wahyu 11. Perhatikan mengapa angka tujuh merupakan lambang penting dalam Alkitab. Telusuri berapa banyak angka tujuh yang ada dalam kitab Wahyu. Nubuatan-nubuatan itu akan lebih mudah dimengerti jika angka tujuh diartikan secara simbolis dan tidak secara harafiah, untuk melambangkan "kesempurnaan".
o Daftarkan apa saja yang kita ketahui mengenai akhir zaman. Apakah kita perlu mengetahui lebih banyak lagi? Dengan apa yang kita ketahui, harus menjadi manusia macam apakah kita ini (2Pe 3:11-15)?

Garis Besar Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) [1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21 Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21

Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel
Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris
Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[2] MIMPI NEBUKADNEZAR TENTANG SEBUAH PATUNG Dan 2:1-49

Dan 2:1-13Mimpi itu
Dan 2:14-23Daniel sebagai pendoa
Dan 2:24-25Penafsiran mimpi
Dan 2:46-49Daniel yang penuh kuasa

[3] PERAPIAN YANG BERNYALA-NYALA Dan 3:1-30

Dan 3:1-7Perintah raja
Dan 3:8-23Dituduh, dijatuhi hukuman
Dan 3:24-27Dilepaskan
Dan 3:28-30Diberi kedudukan

[4] MIMPI NEBUKADNEZAR MENGENAI POHON Dan 4:1-37

Dan 4:1-18Mimpi diceritakan
Dan 4:19-27Mimpi dijelaskan
Dan 4:28-37Mimpi menjadi kenyataan

[5] PESTA RAJA BELSYAZAR Dan 5:1-31

Dan 5:1-9Tulisan di atas tembok
Dan 5:10-12Daniel dipanggil
Dan 5:13-28Daniel menerangkan semuanya
Dan 5:29-31Anugerah dan kehancuran

[6] DANIEL DAN SINGA-SINGA Dan 6:1-28

Dan 6:1-4Pejabat dengan kuasa penuh
Dan 6:5-9Persekongkolan
Dan 6:10-18Kandang singa
Dan 6:19-23Allah kembali bertindak
Dan 6:24-28Titah kerajaan

[7] PENGLIHATAN MENGENAI EMPAT BINATANG BUAS Dan 7:1-28

[8] DOMBA JANTAN DAN KAMBING JANTAN Dan 8:1-17

[9] BERHENTI SEJENAK UNTUK BERDOA Dan 9:1-19

[10] TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA Dan 9:20-27

[11] PENGANTAR NUBUATAN Dan 10:1-21

Dan 10:1-3Keadaan
Dan 10:4-17Daniel jatuh pingsan
Dan 10:18-21Jamahan yang menguatkan

[12] PENGLIHATAN TENTANG RAJA-RAJA Dan 11:1-12:4

Dan 11:36-45 Raja perebut kuasa
Dan 11:1-35Kedua raja
Dan 12:1-4 Raja penyelamat

[13] PENGLIHATAN DI TEPI SUNGAI Dan 12:5-13

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.49 detik
dipersembahkan oleh YLSA